Home | Tourism Object | Directory
Rabu, 20 Juni 2018  

Jogjavanesia Craft Shop

A. Selayang Pandang

Gerai kerajinan merupakan media promosi yang cukup ampuh karena fungsinya sebagai ruang pamer berbagai produk kerajinan. Gerai juga bisa dikatakan sebagai salah satu mata rantai alur distribusi barang dari produsen ke konsumen, yaitu muara bagi para pengrajin suvenir dan cinderamata.

Kumpulan beberapa gerai untuk memajang berbagai produk kerajinan tentunya lebih menarik minat konsumen daripada jika hanya ada satu gerai saja. Konsep inilah yang kemudian diusung oleh beberapa pihak, salah satunya pemerintah, untuk memusatkan penjualan beberapa produk kerajinan di satu tempat.

Tujuan dari metode ini adalah agar para konsumen dapat membeli berbagai jenis produk kerajinan di satu lokasi saja (one stop shopping). Cara ini ternyata cukup diminati oleh para wisatawan (konsumen) yang memang berniat untuk mencari cinderamata yang cukup berkualitas dengan harga yang relatif murah.

Beberapa lokasi one stop shopping yang cukup ternama di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, misalnya di Pasar Beringharjo dan Malioboro di Kota Yogyakarta, Pasar Seni Gabusan di Bantul, dan Jogja Java Indonesia Craft Shop (Jogjavanesia Craft Shop) di Kulon Progo. Berbeda dengan Pasar Beringharjo, Malioboro, dan Pasar Seni Gabusan di Bantul yang lebih dulu muncul, Jogjavanesia Craft Shop (selanjutnya ditulis Jogjavanesia) datang sebagai muka baru yang muncul pada tahun 2008 sebagai lokasi one stop shopping.

Jogjavanesia menawarkan berbagai produk kerajinan dengan bahan utama serat alami tumbuhan, seperti serat enceng gondok, pandan, dan lain sebagainya. Tawaran kerajinan dengan bahan baku serat tumbuhan ini kini banyak diminati konsumen dengan alasan ramah lingkungan dan murah.

Perjalanan Jogjavanesia sebagai one stop shopping pertama kali dipelopori oleh seorang pembuat kerajinan berbahan baku serat tumbuhan yang sudah terkenal di Kulon Progo bernama Susmirah. Ide awal dari pembukaan Jogjavanesia berawal dari keprihatinan Susmirah dan beberapa pengrajin lainnya bahwa di Kulon Progo tidak ada gerai terpadu sebagai ruang pameran produk para pengrajin. Alhasil, para buyer (konsumen) yang berwisata ke Kulon Progo dan berniat untuk belanja cinderamata dan suvenir tidak terfasilitasi, sehingga mereka membelanjakan uang mereka ke Kota Yogyakarta yang telah mempunyai banyak gerai kerajinan.

Akhirnya, berbekal nama besar dan dukungan dari sesama rekan pengrajin di Kulon Progo, Susmirah membuka gerai yang diresmikan pada tanggal 9 Agustus 2008 yang diberi nama Jogjavanesia Craft Shop. Peresmian Jogjavanesia dilakukan oleh Bupati Kulonprogo, H. Toyo S. Dipo, bersama mantan Menko Kesra yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNI-KS), Prof. Dr. Hayono Suyono.

Jogjavanesia terdiri dari tiga lantai yang memamerkan aneka produk kerajinan tradisional khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya kerajinan yang berbahan baku serat tumbuhan. Aneka produk kerajinan yang dipajang di Jogjavanesia, antara lain tas, furnitur, tempat bunga, topi, dompet, alas meja, kap lampu, keset, sarung bantal, box pakaian, tempat sampah, tempat tisu, karpet, tas parcel, tempat payung, dan aneka hiasan rumah tangga lainnya. Harga barang sangat variatif dan kompetitif, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Kualitas barang yang dijual di sini sangat bisa diandalkan karena mempunyai kualitas ekspor.

B. Keistimewaan

Jogjavanesia merupakan pusat kerajinan terpadu di Kulon Progo yang menjual produk kerajinan khas Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya berbagai kerajinan dari serat tumbuhan, seperti serat dari pohon gebang (agel), enceng gondok, bagoran, pelepah pisang, kulit kayu, tempurung dan sabut kelapa, mendong, waring, dan gajih. Selain itu, kerajinan dari bahan rotan dan kertas daur ulang juga dipamerkan di Jogjavanesia.

Barang dengan kualitas ekspor, murah, dan ramah lingkungan menjadi keunggulan utama di tempat ini. Semua barang yang dijual di Jogjavanesia dihasilkan oleh tangan-tangan terampil para pengrajin yang mayoritas berasal dari berbagai daerah di Kulon Progo. Semua produk yang ditawarkan adalah hasil buatan tangan, mulai dari proses pengolahan bahan baku, pemintalan, penenunan, hingga proses finishing.

C. Lokasi

Lokasi Jogjavanesia Craft Shop berada di Jalan Yogyakarta–Wates Km. 17, Dusun Ngelo, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55664.

D. Akses

Lokasi Jogjavanesia Craft Shop bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua (2) maupun empat (4). Jika pengunjung akan menggunakan sarana angkutan umum, pengunjung bisa naik bus jurusan Yogyakarta-Wates dari Terminal Giwangan, Yogyakarta dan turun tepat di Jogjavanesia Craft Shop karena lokasi ini berada di pinggir jalan Yogyakarta–Wates Km. 17.

E. Harga Tiket

Pengunjung yang akan singgah di Jogjavanesia Craft Shop tidak dipungut biaya. Hanya saja, pengunjung diwajibkan untuk turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Jogjavanesia menyediakan fasilitas pendukung bagi para pengunjung, khususnya yang datang secara rombongan. Fasilitas tersebut berupa tempat penginapan yang diberi nama Wisma Gebang yang terletak tak jauh dari lokasi Jogjavanesia.

Wisma ini biasa ditempati oleh para ibu-ibu atau perwakilan dari beberapa instansi pemerintah yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta yang berencana melakukan studi banding dengan Ibu Susmirah dan berbagai pengrajin Kulon Progo lainnya. Studi banding yang dilakukan biasanya meliputi cara mengayam, menenun, memintal, hingga memasarkan produk kerajinan.

Selain penginapan, pengunjung yang datang ke Jogjavanesia juga tak jarang mendapat suguhan emping dari bahan baku garut. Makanan ringan khas Kulon Progo ini, kini cukup diterima di pasaran karena terbukti memiliki kadar kolesterol yang rendah.


Teks: Tunggul Tauladan
Foto:
Koleksi Jogjatrip.com
(Data primer dan berbagai sumber)

More Tourism

Top of Page | Desktop Version
Home | About Us | Contact Us
© 2010-2018 Jogjatrip All rights reserved