Home | Tourism Object | Directory
Rabu, 20 Juni 2018  

Pasar Seni Gabusan

A. Selayang pandang

Bila Anda ingin membeli produk kerajinan yang dibuat oleh tangan-tangan terampil pengrajin dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Pasar Seni Gabusan adalah tempatnya. Pasar Seni Gabusan adalah pusat penjualan barang-barang kerajinan dari seluruh pelosok Kabupaten Bantul. Mulai dari barang kerajinan yang berbahan baku kulit, kayu, logam, tanah, hingga barang kerajinan yang terbuat dari tanaman eceng gondok. Di pasar ini, semua kerajinan tersebut bisa Anda beli dengan harga terjangkau.

Pasar Seni Gabusan didirikan pada tahun 2004. Pasar ini menempati areal seluas 4,5 hektar. Dengan areal ini, Pasar Seni Gabusan mampu menampung lebih dari 400-an pedagang yang mengisi 16 los di pasar ini. Meskipun menampung berbagai macam kerajinan dari jenis yang bermacam-macam, namun los-los di pasar tersebut dikelompokkan menurut jenis barang yang ditawarkan. Pengelompokan berdasarkan jenis barang yang dijual atau pun jenis bahan baku, memudahkan para pengunjung untuk mencari barang kerajinan yang ingin mereka kehendaki.

Para pengunjung yang membutuhkan barang kerajinan yang berbahan baku kulit, dapat mencarinya di los satu hingga los tiga. Di bagian ini pengunjung akan menemukan berbagai kerajinan yang berbahan baku kulit, mulai dari kulit lembu hingga kulit domba. Barang kerajinan yang ditawarkan di los ini adalah, kaligrafi, dompet, kipas, pembatas buku terbuat dari kulit, satu set wayang, dan masih banyak yang lain.

Los 4 dan 5 merupakan pusat bagi Anda yang menyukai batik. Berbagai motif batik menghiasi berbagai bentuk barang di los ini. Ada kemeja batik, kebaya batik, kaos, sprei, bed cover, dan lain-lain. Motif batik yang ada di los 4 dan 5 ini memadukan unsur-unsur tradisional dan modern.
Topeng dengan beragam karakter dapat Anda temukan di los 10 maupun 11. Topeng tersebut terbuat dari kayu, dilukis dengan berbagai motif batik yang warna-warni. Sangat cocok untuk hiasan di ruang tamu rumah Anda. Di los 8, Anda akan menemukan berbagai macam barang kerajinan dari bentuk yang sederhana hingga yang rumit. Mulai dari hiasan meja tamu hingga tempat lipstik ada di bagian ini.

Selain berbagai barang kerajinan yang telah disebutkan di atas, di pasar ini juga terdapat lukisan karya seniman Bantul dan sekitarnya, berbagai kerajinan berbahan baku logam, monel, perak, tembaga maupun kuningan. Para pedagang Pasar Seni Gabusan juga menjual berbagai sepatu dan tas yang terbuat dari kulit. Produk ini biasanya didatangkan dari luar daerah. Produk-produk yang berasal dari luar daerah Bantul justru menambah semarak pasar ini.

Pasar Seni Gabusan tidak hanya sekadar tempat untuk menjual dan membeli barang kebutuhan saja, melainkan juga merupakan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bangunan pasar ini mengapresiasi perpaduan antara bentuk arsitektur tempat berdagang serta kebutuhan akan nilai estetik. Selain itu, arsitektur bangunan pasar ini juga menggabungkan antara unsur modern dan tradisional.

B. Keistimewaan

Pasar ini menyediakan berbagai macam kerajinan dari berbagai bahan yang dihasilkan oleh masyarakat kabupaten Bantul dan sekitarnya. Keunggulan pasar ini adalah kelengkapan ragam barang kerajinan yang ditawarkan serta banyaknya pedagang yang ditampung. Sehingga para pengunjung dapat memilih barang berkualitas bagus dengan harga yang bersaing.

Pasar Seni Gabusan tidak hanya diramaikan para pengunjung yang hendak berbelanja saja. Sebab, pihak pengelola juga meramaikan pasar tersebut dengan berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan seni dan budaya. Workshop membatik merupakan kegiatan andalan dan menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

C. Lokasi

Pasar Seni Gabusan terletak di Jalan Parangtritis km 9,5. Secara administratif pasar ini masuk ke wilayah Desa Gabusan, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

D. Akses

Pasar Seni Gabusan dapat dicapai dengan mudah dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke pasar ini para wisatawan dapat menggunakan bus umum dan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke pasar ini, jalur yang dapat ditempuh menuju Pasar Seni Gabusan adalah:
Dari Stasiun Tugu dapat ditempuh dengan menggunakan bus Trans-Jogja jurusan 1A, kemudian pindah ke jalur 3B di Bandara Adisucipto. Biaya satu kali perjalanan dari Stasiun Tugu ke Terminal Giwangan adalah Rp 3.000,00. Kemudian dari Terminal Giwangan menuju ke lokasi dilanjutkan bus jurusan Parangtritis, turun di Pasar Seni Gabusan.

E. Harga Tiket

Untuk mengunjungi Pasar Seni Gabusan pengunjung tidak dikenakan biaya.

F. Akomodasi dan Fasilitas lainnya

Pasar Seni Gabusan menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Beberapa fasilitas yang terdapat di pasar ini antara lain, tempat parkir luas, mushola, lapangan untuk bermain futsal pasir, tempat untuk belanja kebutuhan sehari-hari, pusat informasi dan akses internet gratis, lavatory, restoran, dan sebagainya.

Teks: Mujibur Rohman
Foto: Koleksi Jogjatrip.com
(Data primer dan berbagai sumber)

More Tourism

Top of Page | Desktop Version
Home | About Us | Contact Us
© 2010-2018 Jogjatrip All rights reserved