Home | Tourism Object | Directory
Selasa, 21 November 2017  

Pras Lamp Shade: Aneka Kap Lampu dari Kerang dan Bambu

Kreativitas merupakan syarat mutlak yang diperlukan untuk bergerak di bidang industri kerajinan. Tidak hanya itu, keuletan dan kerja keras serta kemampuan untuk menciptakan inovasi baru juga menjadi penentu keberhasilan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Heru Prasetyo, perajin kap lampu yang beralamat di Polowidi, RT/RW 07/07, Desa Trimulyo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjuang dari nol, usahanya kini telah berkembang pesat, bahkan merambah pasar internasional.

Heru Prasetyo, yang akrab dipanggil Pras, bukanlah sosok yang berpuas diri dengan kondisi menjadi pegawai. Meskipun lulusan bidang pariwisata, namun jiwa seni dan naluri bisnisnya cukup tinggi. Hal inilah yang mendorongnya untuk mendirikan usaha yang bergerak di bidang pembuatan aneka kerajinan kap lampu beserta asesoris rumah tangga. Pras beberapa kali mengalami trial and error karena memang tidak pernah mengenyam pendidikan di bidang seni kriya maupun desain produk. Namun, akhirnya Pras pun berhasil menciptakan berbagai desain kap lampu yang unik dan cantik.

Tidak hanya memiliki desain yang menarik, bahan dasar yang digunakan untuk membuat kerajinan pun terbilang unik. Pras ingin tampil beda dan oleh karena itu ia memilih untuk menggunakan kulit kerang sebagai bahan baku karyanya. Kulit kerang yang diambil dari Lombok ini kemudian diolah sehingga menjadi lunak dan bisa digunakan sebagai pelapis kap lampu. Selain kulit kerang, bahan lainnya adalah kaca, plastik mika, beragam jenis bambu, cinnamon (kayu manis), kulit telur, pelepah pisang, lidi, pasir, dan bahan-bahan alami lainnya.

Kap lampu hasil karya Pras terdiri dari berbagai ukuran dengan rentang harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Semakin sulit dan rumit bentuknya, semakin tinggi harga yang dipatok. Usaha kerajinan di bawah bendera Pras Lamp Shade ini tidak hanya memproduksi kap lampu saja, namun juga berbagai perlengkapan rumah tangga seperti hiasan dinding, tempat tisu, atau tempat buah yang semuanya berbahan dasar kulit kerang. Tidak hanya itu, saat ini Pras juga mulai melirik berbagai asesoris seperti kalung, gelang, dan anting.

Dalam menjalankan usahanya, Pras memegang prinsip pemberdayaan potensi masyarakat lokal. Oleh karena itu, semua pegawainya adalah warga yang tinggal di sekitar rumahnya. Anak-anak muda serta ibu rumah tangga yang pada awalnya masih awam tentang kerajinan membuat kap lampu ia didik dan latih, kemudian diberdayakan di bengkel miliknya. Pada hari-hari biasa, jumlah pekerja hanya sekitar 4 sampai 5 orang, namun ketika jumlah pesanan meningkat, maka jumlah pekerja pun bisa mencapai 20 hingga 30 orang.

Usaha Pras yang telah dikelola bersama istrinya sejak tahun 2006 ini sejak awal memang tidak fokus terhadap pasar lokal, namun lebih membidik pasar internasional. Kerajinan kap lampunya telah dikirim ke berbagai negara seperti Amerika, Prancis, Kanada, Ceko, Armenia, Australia, Singapura, dan negara-negara di Eropa Timur. Frekuensi ekspor perbulan rata-rata 1 kontainer dengan nilai US $ 13.000-16.000. Sedangkan untuk pasar nasional yang disasar adalah kaum ekspatriat yang tinggal di Jakarta dan Bandung.

Meskipun aneka kerajinan hasil karya Pras tidak banyak dipasarkan di Indonesia, bagi Anda yang tertarik untuk memiliki aneka kap lampu kerang yang cantik tidak usah risau. Hal ini dikarenakan Pras memiliki beberapa art shop di Jakarta dan Bandung. Selain itu, ia juga membuka showroom di Yogyakarta, yakni di Kasongan (Bantul) dan Jalan Turi (Sleman). Anda bisa memilih aneka rupa kerajian berbahan dasar alam dan tentunya dengan harga yang bervariasi, mulai dari kap lampu dengan desain sederhana dan minimalis, hingga kap lampu multifungsi dengan desain glamour dan mewah. Ada juga wadah buah unik dan tempat tisu apik.

Jika Anda tertarik untuk melihat proses pembuatan aneka kerajinan kap lampu dari kerang, Anda bisa mengunjungi bengkel kerja milik Pras yang berada di Trimulyo, Sleman. Dengan senang hati Pras akan menjelaskan tahap demi tahap pembuatan aneka barang-barang produksinya. Setelah itu Anda bisa singgah sejenak ke kediaman Pras dan memilih hiasan yang Anda inginkan. Aneka kerajian kualitas ekspor dengan harga yang miring, semua dapat Anda dapatkan di Pras Lamp Shade. Jadi, bagi Anda yang menginginkan kap lampu yang cantik dan unik atau hiasan rumah tangga lainnya tunggu apalagi? Segera kunjungi Pras Lamp Shade.

Teks dan Foto oleh Elisabeth Murni

More Recomended

Top of Page | Desktop Version
Home | About Us | Contact Us
© 2010-2017 Jogjatrip All rights reserved