Home | Tourism Object | Directory
Selasa, 21 November 2017  

Sugeng Rawuh wonten Jogjatrip.com

Tentang Kami: Jogjatrip.com

 

Tentang Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah kawasan yang memiliki banyak obyek wisata, baik wisata alam, sejarah, budaya, pendidikan, maupun kuliner. Yogyakarta adalah salah satu tujuan utama pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Daya tarik Yogyakarta terletak pada keberadaan Kraton Ngayogjokarto Hadiningrat, salah satu pusat budaya Jawa yang masih bertahan hingga sekarang. Sejarah panjang Yogyakarta sebagai sebuah kerajaan membuat kota ini sarat dengan kekayaan budaya, yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan zaman. Di Yogyakarta, budaya tradisional warisan kraton berpadu secara harmonis dengan budaya modern yang mengalir masuk bersama arus globalisasi.
 
Secara geografis Yogyakarta terletak di Pulau Jawa bagian selatan, terbentang dari utara yang ditandai dengan keberadaan Gunung Merapi, ke selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, ke barat dan ke timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Kaliurang merupakan daerah tujuan wisata yang menyediakan taman dan sekaligus pendakian menuju ke puncak Merapi. Di sebelah selatan membentang Samudera Indonesia yang terkenal dengan mitos Ratu Laut Selatan.

Tentang Jogjatrip.com
Jogjatrip.com diluncurkan secara resmi pada 20 Mei 2010 di Yogyakarta. Portal ini menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk memudahkan pemahaman wisatawan dalam dan luar negeri. Jogjatrip.com menyajikan segala informasi seputar pariwisata yang ada di DIY. Keragaman informasi dalam Jogjatrip.com disajikan secara unik, ringkas sepintas maupun luas mendalam. 

Jogjatrip.com menampilkan Yogyakarta melalui dua pendekatan, yaitu Geo-budaya (yang mencakup Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Kulon Progo); dan pendekatan Jenis Obyek Wisata (yang mencakup Wisata Alam, Sejarah, Budaya, Kuliner, Minat Khusus, Religius, Olahraga, Belanja, Umum, dan Pendidikan).

 Jogjatrip.com. menyajikan Kalender Pertunjukan Budaya sebagai menu untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung. Situs ini juga menyajikan Kamus Praktis yang membantu wisatawan berkomunikasi secara mudah selama berwisata di Yogyakarta. Selain itu, juga tersedia Ensiklopedi yang menambah wawasan dan pengetahuan tentang berbagai hal yang ada di Yogyakarta. Jogjatrip.com adalah rujukan utama bagi wisatawan untuk memperoleh berbagai informasi wisata yang ada di Yogyakarta.

Wisata Alam
Kraton Yogyakarta sebagai pusat kerajaan secara kosmologis mendamaikan alam gunung dan laut. Di sebelah barat, dapat ditelusuri perbukitan Menoreh yang merupakan kawasan ekowisata. Di sana terdapat danau buatan yang merupakan pertemuan dari beberapa sungai, dan berfungsi untuk mengairi sawah yang mencerminkan kehidupan pedesaan Jawa. Di sebelah timur, terdapat pegunungan kapur yang menyediakan wisata gua dengan banyak terowongan dan sungai bawah tanah yang secara geologis merupakan bentukan alam. Di sebelah selatan, terbentang pantai-pantai yang sangat indah, dan banyak di antaranya masih asli belum tersentuh. Di sebelah utara terdapat Gunung Merapi dengan berbagai obyek wisata, seperti Kaliurang, Kaliadem, dan puncak Merapi. 

Wisata Sejarah
Yogyakarta merupakan daerah wisata sejarah karena memiliki banyak warisan budaya yang bersifat arkeologis berupa peninggalan tradisi pra Hindu-Budha, masa Hindu-Budha, masa Islam, dan zaman kolonial yang telah berusia ratusan tahun. Baik candi, istana kerajaan, maupun bangunan masa kolonial telah menjadi warisan sejarah bangsa yang mencerminkan keragaman budaya. Hotel di masa kolonial pun masih berdiri dan berfungsi hingga kini.

Wisata Budaya
Wisata budaya di Yogyakarta sangat beragam mulai dari budaya tradisional seperti tari, wayang, dan upacara-upacara tradisional baik yang dilakukan di lingkungan keraton maupun di kalangan masyarakat biasa, hingga budaya modern seperti pameran lukisan, pementasan tari modern, teater, dan musik berbagai aliran.

Wisata Religius
Wisata religius di Yogyakarta dapat ditemukan dalam kehidupan beragama yang berkembang dengan baik di masyarakat, mulai dari zaman kerajaan hingga saat ini. Masjid Gede di Kauman adalah masjid yang didirikan bersamaan dengan berdirinya Kraton Yogyakarta. Wisata religius bisa dilakukan di pesantren-pesantren, masjid-masjid bersejarah maupun masjid-masjid baru yang megah, dan pusat-pusat kegiatan keagamaan. Bagi umat Kristiani, tempat ziarah seperti Sendangsono dan desa Ganjuran adalah tujuan wisata rohani yang selalu dikunjungi. Candi Prambanan dipergunakan untuk upacara-upacara agama Hindu, dan Candi Borobudur menjadi tempat ibadah umat Budha seperti Waisak.

Wisata Pendidikan
Yogyakarta merupakan miniatur Indonesia, karena menjadi tempat bagi warga dari seluruh penjuru Indonesia untuk menimba ilmu di perguruan tinggi. Fasilitas pendidikan tinggi yang tersebar di Yogyakarta merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, guna mengenalkan kepada generasi muda yang ingin menimba ilmu di kota ini. Kampus-kampus yang luas, indah, dan tertata rapi juga merupakan tempat wisata yang tak boleh dilewatkan.

Wisata Kuliner
Jajanan-jajanan tradisional bisa dijumpai di berbagai penjuru kota. Hidangan kraton, yang dulu hanya disajikan kepada para raja, sekarang tersedia di beberapa restoran khusus. Di sisi lain, makanan modern pun bisa diperoleh dengan sangat mudah. Dalam menu di Jogjatrip.com disajikan review terhadap restoran dan makanan yang disajikan, untuk memberikan referensi kepada wisatawan dalam menikmati wisata kuliner.

Wisata Belanja
Produk kerajinan tangan warga Yogyakarta seperti batik, perak, kulit, bambu, kayu, gerabah, dan lainnya merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Bagi wisatawan yang gemar berbelanja barang-barang tradisional, maka Yogyakarta merupakan tujuan wisata belanja yang tepat. Malioboro dan pasar Beringharjo adalah tempat segala barang bisa diperoleh dengan harga bersaing. Selain kedua tempat tersebut, gallery seni, toko, dan butik tersebar di seluruh penjuru kota dengan beragam barang pilihan.

Wisata Desa
Yogyakarta menawarkan berbagai potensi wisata desa yang dapat menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Pilihan wisatawan terentang mulai dari desa yang masih menjaga tradisi dan budayanya, hingga desa dengan kondisi alam dan lingkungan yang relatif masih asli dan terjaga. Beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuh kawasan wisata desa.

Wisata Minat Khusus
Wisata minat khusus yang sangat khas juga terdapat di Jogjakarta, misalnya wisata sepeda onthel. Para penggemar dan kolektor sepeda antik ini berkumpul dan melakukan perjalanan keliling kota. Terdapat pula wisata desa yang menawarkan pengalaman menjadi petani selama beberapa hari di desa. Wisatawan hidup di lingkungan pertanian dan ikut membajak sawah, menanam padi, menumbuk padi, memandikan kerbau, makan di gubug yang ada di sawah dengan menu khas desa.

Jogjatrip.com memudahkan wisatawan yang hendak berkunjung ke Yogyakarta untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimiliki oleh Yogyakarta secara virtual, dan kemudian menuntun wisatawan ketika sudah berada di Yogyakarta.

Guna memenuhi kelengkapan dan keakuratan data yang disajikan. Jogjatrip.com memerlukan dukungan dari para pembaca yang peduli pada pengembangan kekayaan alam, sejarah, sosial, budaya dan pariwisata.

Untuk menjunjung tinggi Hak atas Kekayaan Intelektual, maka desain visual, data, foto, serta artikel yang ditampilkan dalam portal ini dilindungi oleh Undang Undang Hak Cipta dan telah didaftarkan hak patennya.

Top of Page | Desktop Version
Home | About Us | Contact Us
© 2010-2017 Jogjatrip All rights reserved